SILABUS NAHWU
Madin AN NUR FUADI Bangkalan
Kelas                     : IV
Semester            :Ganjil
Standar Kompetensi : Bab Kalam
| Kompetensi   Dasar | Materi   / pokok Pembelajaran | Indikator | Kegiatan   pembelajaran | Penilaian | Alokasi   Waktu | Sumber/Bahan/Alat | 
| 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 
| Ø    Mengenalkan kalam  Ø    Menjelaskan apa Itu kalam | o     Bab kalam | Ø    Mampu menyebutkan  arti kalam | Ø     Santri menulis keterangan ustad Ø     Santri mendengarkan penjelasan bab kalam dari   ustad | Tugas   individual  Tes   lisan dan tes tulis | 2   jam pelajaran (2x 35 menit) 2x pertemuan | Nahwu   Jurmiyah | 
Standar Kompetensi : Bab Ahkamul Kalimah
| Kompetensi   Dasar | Materi   / pokok Pembelajaran | Indikator | Kegiatan   pembelajaran | Penilaian | Alokasi   Waktu | Sumber/Bahan/Alat | 
| 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 
| Ø    Mengenalkan macam-macam kalimah Ø    Menjelaskan kalimah fi’il isim dan huruf | o     Ahkamul kalimah o Kalimah   Fi’il o Kalimah   Isim o Kalimah   huruf | Ø    Mampu menyebutkan  macam-macam kalimah  Ø    Mampu menjelaskan macam-macam kalimah | Ø     Santri menulis keterangan ustad Ø     Santri mendengarkan penjelasan  ahkamul kalimah dari ustad | Tugas   individual  Tes   lisan dan tes tulis | 2   jam pelajaran (2x 35 menit) 2x pertemuan | Nahwu   Jurmiyah | 
Standar Kompetensi : Bab I’rob
| Kompetensi   Dasar | Materi   / pokok Pembelajaran | Indikator | Kegiatan   pembelajaran | Penilaian | Alokasi   Waktu | Sumber/Bahan/Alat | 
| 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 
| Ø    Mengenalkan I’rob  Ø    Menjelaskan apa Itu I’rob | o     Bab I’rob o     Macam-macam    i’rob | Ø    Mampu  mengartikan I’rob Ø    Mampu menyebutkan macam-macam I’rob | Ø     Santri menulis keterangan ustad Ø     Santri mendengarkan penjelasan bab I’ro  dari ustad | Tugas   individual  Tes   lisan dan tes tulis | 2   jam pelajaran (2x 35 menit) 1x pertemuan | Nahwu   Jurmiyah | 
Standar Kompetensi : Bab Alamatul I’robi
| Kompetensi   Dasar | Materi   / pokok Pembelajaran | Indikator | Kegiatan   pembelajaran | Penilaian | Alokasi   Waktu | Sumber/Bahan/Alat | 
| 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 
| Ø    Menjelaska    tanda-tanda I’rob | o     Alamat    (Tanda-tanda) I’rob | Ø    Mampu menyebutkan tanda masing-masing I’rob | Ø     Santri menulis keterangan ustad Ø     Santri mendengarkan penjelasan bab AlamatuI’robi  dari ustad | Tugas   individual  Tes   lisan dan tes tulis | 2   jam pelajaran (2x 35 menit) 3x pertemuan | Nahwu   Jurmiyah | 
Standar Kompetensi : Bab Mu’robat
| Kompetensi   Dasar | Materi   / pokok Pembelajaran | Indikator | Kegiatan   pembelajaran | Penilaian | Alokasi   Waktu | Sumber/Bahan/Alat | 
| 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 
| Ø    Mejelasakan Mu’robat Ø    Menjelaskan macam-macam Mu’robat | o     Bab mu’robat o     Macam-macam MU’robat | Ø    Mampu menyebutkan  macam-macam mu’robat | Ø     Santri menulis keterangan ustad Ø     Santri mendengarkan penjelasan bab mu’robat   dari ustad | Tugas   individual  Tes   lisan dan tes tulis | 2   jam pelajaran (2x 35 menit) 2x pertemuan | Nahwu   Jurmiyah | 
Standar Kompetensi : Babul Af'al
| Kompetensi   Dasar | Materi   / pokok Pembelajaran | Indikator | Kegiatan   pembelajaran | Penilaian | Alokasi   Waktu | Sumber/Bahan/Alat | 
| 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 
| Ø    Menjelaskan macam-macam Fi’il dan   pengertiannya | o     Babul Af’al | Ø    Mampu menyebutkan dan menjelaskan macam–macam   fi’il | Ø     Santri menulis keterangan ustad Ø     Santri mendengarkan penjelasan bab  Af’al    dari ustad | Tugas   individual  Tes   lisan dan tes tulis | 2   jam pelajaran (2x 35 menit) 1x pertemuan | Nahwu   Jurmiyah | 
Standar Kompetensi : Bab Marfu’atul Asma’i
| Kompetensi   Dasar | Materi   / pokok Pembelajaran | Indikator | Kegiatan   pembelajaran | Penilaian | Alokasi   Waktu | Sumber/Bahan/Alat | 
| 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 
| Ø    Menjelaskan Isim-isim yang di baca rofa’ | o     Marfu’atul   Asma’i | Ø    Mampu menyebutkan  Isim-isim yang di baca rofa’ | Ø     Santri menulis keterangan ustad Ø     Santri mendengarkan penjelasan bab  Marfu’atul Asma’  dari ustad | Tugas   individual  Tes   lisan dan tes tulis | 2   jam pelajaran (2x 35 menit) 1x pertemuan | Nahwu   Jurmiyah | 
Standar Kompetensi : Bab Fail
| Kompetensi   Dasar | Materi   / pokok Pembelajaran | Indikator | Kegiatan   pembelajaran | Penilaian | Alokasi   Waktu | Sumber/Bahan/Alat | 
| 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 
| Ø    Menjelaskan pengertian fa’il dan   macam-macamnya | o     Babul   fa’il | Ø    Mampu menyebutkan   pengertian fa’il dan macam-macamnya | Ø     Santri menulis keterangan ustad Ø     Santri mendengarkan penjelasan bab   Bab    fa’il dari ustad | Tugas   individual  Tes   lisan dan tes tulis | 2   jam pelajaran (2x 35 menit) 1x pertemuan | Nahwu   Jurmiyah | 
Standar Kompetensi : Bab Naibul Fail
| Kompetensi   Dasar | Materi   / pokok Pembelajaran | Indikator | Kegiatan   pembelajaran | Penilaian | Alokasi   Waktu | Sumber/Bahan/Alat | 
| 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 
| Ø    Menjelaskan pengertian naibul fa’il | o     Bab   Naibul Fail | Ø    Mampu Menyebutkan   Pengertian Fa’il Dan Macam-Macamnya | Ø     Santri menulis keterangan ustad Ø     Santri mendengarkan penjelasan bab   bab    fa’il dari ustad | Tugas   individual  Tes   lisan dan tes tulis | 2   jam pelajaran (2x 35 menit) 1x pertemuan | Nahwu   Jurmiyah | 
Standar Kompetensi : Bab Mubtada’ Wal Khobar
| Kompetensi   Dasar | Materi   / pokok Pembelajaran | Indikator | Kegiatan   pembelajaran | Penilaian | Alokasi   Waktu | Sumber/Bahan/Alat | 
| 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 
| Ø    Menjelaskan pengertian Mubtada’wal khobar | o     Bab   Mubtada’ o     Bab   khobar | Ø    Mampu menyebutkan   pengertian mubtada’  Ø    Mampu menyebutkan   pengertian khobar | Ø     Santri menulis keterangan ustad Ø     Santri mendengarkan penjelasan bab   Bab    Mubtada’ dan kobar dari ustad | Tugas   individual  Tes   lisan dan tes tulis | 2   jam pelajaran (2x 35 menit) 3x pertemuan | Nahwu   Jurmiyah | 
Standar Kompetensi : Bab Amil-amil yang masuk pada mubtada’ dan khobar
| Kompetensi   Dasar | Materi   / pokok Pembelajaran | Indikator | Kegiatan   pembelajaran | Penilaian | Alokasi   Waktu | Sumber/Bahan/Alat | 
| 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 
| Ø    Menjelaskan amil apa saja yang masuk pada   mubtada’ dan khobar | o     Amil-amil   yang masuk pada mubtada’ dan khoba r | Ø    Mampu menyebutkan   masing –masing  amil   yang masuk pada mubtada’ dan khobar | Ø     Santri menulis keterangan ustad Ø     Santri mendengarkan penjelasan bab  Amil-amil yang masuk pada mubtada’ dan khobar   dari ustad | Tugas   individual  Tes   lisan dan tes tulis | 2   jam pelajaran (2x 35 menit) 3x pertemuan | Nahwu   Jurmiyah | 
Standar Kompetensi : Bab Na’at
| Kompetensi   Dasar | Materi   / pokok Pembelajaran | Indikator | Kegiatan   pembelajaran | Penilaian | Alokasi   Waktu | Sumber/Bahan/Alat | 
| 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 
| Ø    Menjelaskan pengertian na’at  | o     Na’at | Ø    Mampu menyabutkan   pengerian na’at | Ø     Santri menulis keterangan ustad Ø     Santri mendengarkan penjelasan bab  na’at dari ustad | Tugas   individual  Tes   lisan dan tes tulis | 2   jam pelajaran (2x 35 menit) 2x pertemuan | Nahwu   Jurmiyah | 
Standar Kompetensi : Bab Atof
| Kompetensi   Dasar | Materi   / pokok Pembelajaran | Indikator | Kegiatan   pembelajaran | Penilaian | Alokasi   Waktu | Sumber/Bahan/Alat | 
| 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 
| Ø    Menjelaskan pengertian Atof | o     Atof  | Ø    Mampu menyebutkan pengerian atof | Ø     Santri menulis keterangan ustad Ø     Santri mendengarkan penjelasan bab  atof dari ustad | Tugas   individual  Tes   lisan dan tes tulis | 2   jam pelajaran (2x 35 menit) 2x pertemuan | Nahwu   Jurmiyah | 
Standar Kompetensi : Bab Taukid
| Kompetensi   Dasar | Materi   / pokok Pembelajaran | Indikator | Kegiatan   pembelajaran | Penilaian | Alokasi   Waktu | Sumber/Bahan/Alat | 
| 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 
| Ø    Menjelaskan pengertian taukid | o     Taukid | Ø    Maertian menyebutkan pengerian tukid | Ø     Santri menulis keterangan ustad Ø     Santri mendengarkan penjelasan bab  taukid dari ustad | Tugas   individual  Tes   lisan dan tes tulis | 2   jam pelajaran (2x 35 menit) 2x pertemuan | Nahwu   Jurmiyah | 
Standar Kompetensi : Bab Badal
| Kompetensi   Dasar | Materi   / pokok Pembelajaran | Indikator | Kegiatan   pembelajaran | Penilaian | Alokasi   Waktu | Sumber/Bahan/Alat | 
| 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 
| Ø    Menjelaskan pengertian badal | o     Badal  | Ø    Mampu menyebutkan pengerian badal | Ø     Santri menulis keterangan ustad Ø     Santri mendengarkan penjelasan bab  badal dari ustad | Tugas   individual  Tes   lisan dan tes tulis | 2   jam pelajaran (2x 35 menit) 2x pertemuan | Nahwu   Jurmiyah | 
Standar Kompetensi : Bab Mansubatul Asma
| Kompetensi   Dasar | Materi   / pokok Pembelajaran | Indikator | Kegiatan   pembelajaran | Penilaian | Alokasi   Waktu | Sumber/Bahan/Alat | 
| 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 
| Ø    Menjelaskan isim-isim yang di baca nasob | o     Isim-isim yang di baca nasob | Ø    Mampu    menyebutkan isim-isim yang di baca nasob  | Ø     Santri menulis keterangan ustad Ø     Santri mendengarkan penjelasan bab   Isim-isim yang di baca nasob  dari ustad | Tugas   individual  Tes   lisan dan tes tulis | 2   jam pelajaran (2x 35 menit) 2x pertemuan | Nahwu   Jurmiyah | 
Standar Kompetensi : Bab Maf’ul Bih
| Kompetensi   Dasar | Materi   / pokok Pembelajaran | Indikator | Kegiatan   pembelajaran | Penilaian | Alokasi   Waktu | Sumber/Bahan/Alat | 
| 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 
| Ø    Menjelaskan pengertian maf’ul bih | o     Maf’ul bih | Ø    Mampu    menyebutkan pengertian maf’ul bih | Ø     Santri menulis keterangan ustad Ø     Santri mendengarkan penjelasan bab maf’ul bih ustad | Tugas   individual  Tes   lisan dan tes tulis | 2   jam pelajaran (2x 35 menit) 2x pertemuan | Nahwu   Jurmiyah | 
Standar Kompetensi : Bab Masdar
| Kompetensi   Dasar | Materi   / pokok Pembelajaran | Indikator | Kegiatan   pembelajaran | Penilaian | Alokasi   Waktu | Sumber/Bahan/Alat | 
| 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 
| Ø    Menjelaskan pengertian masdar | o     Masdar | Ø    Mampu    menyebutkan pengertian masdar | Ø     Santri menulis keterangan ustad Ø     Santri mendengarkan penjelasan bab masdar dari ustad | Tugas   individual  Tes   lisan dan tes tulis | 2   jam pelajaran (2x 35 menit) 2x pertemuan | Nahwu   Jurmiyah | 
Standar Kompetensi : Bab Dorof Zaman Dan Dorof Makan
| Kompetensi   Dasar | Materi   / pokok Pembelajaran | Indikator | Kegiatan   pembelajaran | Penilaian | Alokasi   Waktu | Sumber/Bahan/Alat | 
| 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 
| Ø    Menjelaskan dorof zaman dan dorof makan | o     Dorof Zaman o     Dorof Makan | Ø    Mampu    menyebutkan dorof zaman dan dorof makan  | Ø     Santri menulis keterangan ustad Ø     Santri mendengarkan penjelasan bab maf’ul bih ustad | Tugas   individual  Tes   lisan dan tes tulis | 2   jam pelajaran (2x 35 menit) 2x pertemuan | Nahwu   Jurmiyah | 
Standar Kompetensi : Bab Hal
| Kompetensi   Dasar | Materi   / pokok Pembelajaran | Indikator | Kegiatan   pembelajaran | Penilaian | Alokasi   Waktu | Sumber/Bahan/Alat | 
| 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 
| Ø    Menjelaskan pengertian Hal | o     Hal | Ø    Mampu  menyebutkan   pengertian hal | Ø     Santri menulis keterangan ustad Ø     Santri mendengarkan penjelasan bab hal dari ustad | Tugas   individual  Tes   lisan dan tes tulis | 2   jam pelajaran (2x 35 menit) 2x pertemuan | Nahwu   Jurmiyah | 
Standar Kompetensi : Bab Tamyiz
| Kompetensi   Dasar | Materi   / pokok Pembelajaran | Indikator | Kegiatan   pembelajaran | Penilaian | Alokasi   Waktu | Sumber/Bahan/Alat | 
| 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 
| Ø    Menjelaskan pengertian tamyiz | o     Tamyiz | Ø    Mampu    menyebutkan pengertian  Tamyiz | Ø     Santri menulis keterangan ustad Ø     Santri mendengarkan penjelasan bab  Tamyiz  dari   ustad | Tugas   individual  Tes   lisan dan tes tulis | 2   jam pelajaran (2x 35 menit) 2x pertemuan | Nahwu   Jurmiyah | 
Standar Kompetensi : Bab Istisna’
| Kompetensi   Dasar | Materi   / pokok Pembelajaran | Indikator | Kegiatan   pembelajaran | Penilaian | Alokasi   Waktu | Sumber/Bahan/Alat | 
| 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 
| Ø    Menjelaskan pengertian Istisna’ | o     Istisna’ | Ø    Mampu    menyebutkan pengertian   Istisna’ | Ø     Santri menulis keterangan ustad Ø     Santri mendengarkan penjelasan bab   Istisna’  dari   ustad | Tugas   individual  Tes   lisan dan tes tulis | 2   jam pelajaran (2x 35 menit) 2x pertemuan | Nahwu   Jurmiyah | 
Standar Kompetensi : Bab La
| Kompetensi   Dasar | Materi   / pokok Pembelajaran | Indikator | Kegiatan   pembelajaran | Penilaian | Alokasi   Waktu | Sumber/Bahan/Alat | 
| 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 
| Ø    Menjelaskan pengertian  La | o     La | Ø    Mampu    menyebutkan pengertian   La | Ø     Santri menulis keterangan ustad Ø     Santri mendengarkan penjelasan bab  La dari   ustad | Tugas   individual  Tes   lisan dan tes tulis | 2   jam pelajaran (2x 35 menit) 2x pertemuan | Nahwu   Jurmiyah | 
Standar Kompetensi : Bab Munada
| Kompetensi   Dasar | Materi   / pokok Pembelajaran | Indikator | Kegiatan   pembelajaran | Penilaian | Alokasi   Waktu | Sumber/Bahan/Alat | 
| 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 
| Ø    Menjelaskan pengertian Munada | o     Munada | Ø    Mampu    menyebutkan pengertian   Munada | Ø     Santri menulis keterangan ustad Ø     Santri mendengarkan penjelasan bab   Munada  dari   ustad | Tugas   individual  Tes   lisan dan tes tulis | 2   jam pelajaran (2x 35 menit) 2x pertemuan | Nahwu   Jurmiyah | 
 Mengetahui
syamsul huda
 
Posting Komentar
Terimakasih atas kunjungannya di:
saha-19.blogspot.com