Minggu, 13 November 2011

contoh silabus mapel nahwu mid annur fuadi

0 komentar
SILABUS NAHWU
Madin AN NUR FUADI Bangkalan
Kelas : IV
Semester :Ganjil
Standar Kompetensi : Bab Kalam
Kompetensi Dasar
Materi / pokok Pembelajaran
Indikator
Kegiatan pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/Bahan/Alat
1
2
3
4
5
6
7
Ø Mengenalkan kalam
Ø Menjelaskan apa Itu kalam
o Bab kalam
Ø Mampu menyebutkan arti kalam
Ø Santri menulis keterangan ustad
Ø Santri mendengarkan penjelasan bab kalam dari ustad
Tugas individual
Tes lisan dan tes tulis
2 jam pelajaran (2x 35 menit) 2x pertemuan
Nahwu Jurmiyah
Standar Kompetensi : Bab Ahkamul Kalimah
Kompetensi Dasar
Materi / pokok Pembelajaran
Indikator
Kegiatan pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/Bahan/Alat
1
2
3
4
5
6
7
Ø Mengenalkan macam-macam kalimah
Ø Menjelaskan kalimah fi’il isim dan huruf
o Ahkamul kalimah
o Kalimah Fi’il
o Kalimah Isim
o Kalimah huruf
Ø Mampu menyebutkan macam-macam kalimah
Ø Mampu menjelaskan macam-macam kalimah
Ø Santri menulis keterangan ustad
Ø Santri mendengarkan penjelasan ahkamul kalimah dari ustad
Tugas individual
Tes lisan dan tes tulis
2 jam pelajaran (2x 35 menit) 2x pertemuan
Nahwu Jurmiyah
Standar Kompetensi : Bab I’rob
Kompetensi Dasar
Materi / pokok Pembelajaran
Indikator
Kegiatan pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/Bahan/Alat
1
2
3
4
5
6
7
Ø Mengenalkan I’rob
Ø Menjelaskan apa Itu I’rob
o Bab I’rob
o Macam-macam i’rob
Ø Mampu mengartikan I’rob
Ø Mampu menyebutkan macam-macam I’rob
Ø Santri menulis keterangan ustad
Ø Santri mendengarkan penjelasan bab I’ro dari ustad
Tugas individual
Tes lisan dan tes tulis
2 jam pelajaran (2x 35 menit) 1x pertemuan
Nahwu Jurmiyah
Standar Kompetensi : Bab Alamatul I’robi
Kompetensi Dasar
Materi / pokok Pembelajaran
Indikator
Kegiatan pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/Bahan/Alat
1
2
3
4
5
6
7
Ø Menjelaska tanda-tanda I’rob
o Alamat (Tanda-tanda) I’rob
Ø Mampu menyebutkan tanda masing-masing I’rob
Ø Santri menulis keterangan ustad
Ø Santri mendengarkan penjelasan bab AlamatuI’robi dari ustad
Tugas individual
Tes lisan dan tes tulis
2 jam pelajaran (2x 35 menit) 3x pertemuan
Nahwu Jurmiyah
Standar Kompetensi : Bab Mu’robat
Kompetensi Dasar
Materi / pokok Pembelajaran
Indikator
Kegiatan pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/Bahan/Alat
1
2
3
4
5
6
7
Ø Mejelasakan Mu’robat
Ø Menjelaskan macam-macam Mu’robat
o Bab mu’robat
o Macam-macam MU’robat
Ø Mampu menyebutkan macam-macam mu’robat
Ø Santri menulis keterangan ustad
Ø Santri mendengarkan penjelasan bab mu’robat dari ustad
Tugas individual
Tes lisan dan tes tulis
2 jam pelajaran (2x 35 menit) 2x pertemuan
Nahwu Jurmiyah
Standar Kompetensi : Babul Af'al
Kompetensi Dasar
Materi / pokok Pembelajaran
Indikator
Kegiatan pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/Bahan/Alat
1
2
3
4
5
6
7
Ø Menjelaskan macam-macam Fi’il dan pengertiannya
o Babul Af’al
Ø Mampu menyebutkan dan menjelaskan macam–macam fi’il
Ø Santri menulis keterangan ustad
Ø Santri mendengarkan penjelasan bab Af’al dari ustad
Tugas individual
Tes lisan dan tes tulis
2 jam pelajaran (2x 35 menit) 1x pertemuan
Nahwu Jurmiyah
Standar Kompetensi : Bab Marfu’atul Asma’i
Kompetensi Dasar
Materi / pokok Pembelajaran
Indikator
Kegiatan pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/Bahan/Alat
1
2
3
4
5
6
7
Ø Menjelaskan Isim-isim yang di baca rofa’
o Marfu’atul Asma’i
Ø Mampu menyebutkan Isim-isim yang di baca rofa’
Ø Santri menulis keterangan ustad
Ø Santri mendengarkan penjelasan bab Marfu’atul Asma’ dari ustad
Tugas individual
Tes lisan dan tes tulis
2 jam pelajaran (2x 35 menit) 1x pertemuan
Nahwu Jurmiyah
Standar Kompetensi : Bab Fail
Kompetensi Dasar
Materi / pokok Pembelajaran
Indikator
Kegiatan pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/Bahan/Alat
1
2
3
4
5
6
7
Ø Menjelaskan pengertian fa’il dan macam-macamnya
o Babul fa’il
Ø Mampu menyebutkan pengertian fa’il dan macam-macamnya
Ø Santri menulis keterangan ustad
Ø Santri mendengarkan penjelasan bab Bab fa’il dari ustad
Tugas individual
Tes lisan dan tes tulis
2 jam pelajaran (2x 35 menit) 1x pertemuan
Nahwu Jurmiyah
Standar Kompetensi : Bab Naibul Fail
Kompetensi Dasar
Materi / pokok Pembelajaran
Indikator
Kegiatan pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/Bahan/Alat
1
2
3
4
5
6
7
Ø Menjelaskan pengertian naibul fa’il
o Bab Naibul Fail
Ø Mampu Menyebutkan Pengertian Fa’il Dan Macam-Macamnya
Ø Santri menulis keterangan ustad
Ø Santri mendengarkan penjelasan bab bab fa’il dari ustad
Tugas individual
Tes lisan dan tes tulis
2 jam pelajaran (2x 35 menit) 1x pertemuan
Nahwu Jurmiyah
Standar Kompetensi : Bab Mubtada’ Wal Khobar
Kompetensi Dasar
Materi / pokok Pembelajaran
Indikator
Kegiatan pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/Bahan/Alat
1
2
3
4
5
6
7
Ø Menjelaskan pengertian Mubtada’wal khobar
o Bab Mubtada’
o Bab khobar
Ø Mampu menyebutkan pengertian mubtada’
Ø Mampu menyebutkan pengertian khobar
Ø Santri menulis keterangan ustad
Ø Santri mendengarkan penjelasan bab Bab Mubtada’ dan kobar dari ustad
Tugas individual
Tes lisan dan tes tulis
2 jam pelajaran (2x 35 menit) 3x pertemuan
Nahwu Jurmiyah
Standar Kompetensi : Bab Amil-amil yang masuk pada mubtada’ dan khobar
Kompetensi Dasar
Materi / pokok Pembelajaran
Indikator
Kegiatan pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/Bahan/Alat
1
2
3
4
5
6
7
Ø Menjelaskan amil apa saja yang masuk pada mubtada’ dan khobar
o Amil-amil yang masuk pada mubtada’ dan khoba r
Ø Mampu menyebutkan masing –masing amil
yang masuk pada mubtada’ dan khobar
Ø Santri menulis keterangan ustad
Ø Santri mendengarkan penjelasan bab Amil-amil yang masuk pada mubtada’ dan khobar dari ustad
Tugas individual
Tes lisan dan tes tulis
2 jam pelajaran (2x 35 menit) 3x pertemuan
Nahwu Jurmiyah
Standar Kompetensi : Bab Na’at
Kompetensi Dasar
Materi / pokok Pembelajaran
Indikator
Kegiatan pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/Bahan/Alat
1
2
3
4
5
6
7
Ø Menjelaskan pengertian na’at
o Na’at
Ø Mampu menyabutkan pengerian na’at
Ø Santri menulis keterangan ustad
Ø Santri mendengarkan penjelasan bab na’at dari ustad
Tugas individual
Tes lisan dan tes tulis
2 jam pelajaran (2x 35 menit) 2x pertemuan
Nahwu Jurmiyah
Standar Kompetensi : Bab Atof
Kompetensi Dasar
Materi / pokok Pembelajaran
Indikator
Kegiatan pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/Bahan/Alat
1
2
3
4
5
6
7
Ø Menjelaskan pengertian Atof
o Atof
Ø Mampu menyebutkan pengerian atof
Ø Santri menulis keterangan ustad
Ø Santri mendengarkan penjelasan bab atof dari ustad
Tugas individual
Tes lisan dan tes tulis
2 jam pelajaran (2x 35 menit) 2x pertemuan
Nahwu Jurmiyah
Standar Kompetensi : Bab Taukid
Kompetensi Dasar
Materi / pokok Pembelajaran
Indikator
Kegiatan pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/Bahan/Alat
1
2
3
4
5
6
7
Ø Menjelaskan pengertian taukid
o Taukid
Ø Maertian menyebutkan pengerian tukid
Ø Santri menulis keterangan ustad
Ø Santri mendengarkan penjelasan bab taukid dari ustad
Tugas individual
Tes lisan dan tes tulis
2 jam pelajaran (2x 35 menit) 2x pertemuan
Nahwu Jurmiyah
Standar Kompetensi : Bab Badal
Kompetensi Dasar
Materi / pokok Pembelajaran
Indikator
Kegiatan pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/Bahan/Alat
1
2
3
4
5
6
7
Ø Menjelaskan pengertian badal
o Badal
Ø Mampu menyebutkan pengerian badal
Ø Santri menulis keterangan ustad
Ø Santri mendengarkan penjelasan bab badal dari ustad
Tugas individual
Tes lisan dan tes tulis
2 jam pelajaran (2x 35 menit) 2x pertemuan
Nahwu Jurmiyah
Standar Kompetensi : Bab Mansubatul Asma
Kompetensi Dasar
Materi / pokok Pembelajaran
Indikator
Kegiatan pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/Bahan/Alat
1
2
3
4
5
6
7
Ø Menjelaskan isim-isim yang di baca nasob
o Isim-isim yang di baca nasob
Ø Mampu menyebutkan isim-isim yang di baca nasob
Ø Santri menulis keterangan ustad
Ø Santri mendengarkan penjelasan bab Isim-isim yang di baca nasob dari ustad
Tugas individual
Tes lisan dan tes tulis
2 jam pelajaran (2x 35 menit) 2x pertemuan
Nahwu Jurmiyah
Standar Kompetensi : Bab Maf’ul Bih
Kompetensi Dasar
Materi / pokok Pembelajaran
Indikator
Kegiatan pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/Bahan/Alat
1
2
3
4
5
6
7
Ø Menjelaskan pengertian maf’ul bih
o Maf’ul bih
Ø Mampu menyebutkan pengertian maf’ul bih
Ø Santri menulis keterangan ustad
Ø Santri mendengarkan penjelasan bab maf’ul bih ustad
Tugas individual
Tes lisan dan tes tulis
2 jam pelajaran (2x 35 menit) 2x pertemuan
Nahwu Jurmiyah
Standar Kompetensi : Bab Masdar
Kompetensi Dasar
Materi / pokok Pembelajaran
Indikator
Kegiatan pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/Bahan/Alat
1
2
3
4
5
6
7
Ø Menjelaskan pengertian masdar
o Masdar
Ø Mampu menyebutkan pengertian masdar
Ø Santri menulis keterangan ustad
Ø Santri mendengarkan penjelasan bab masdar dari ustad
Tugas individual
Tes lisan dan tes tulis
2 jam pelajaran (2x 35 menit) 2x pertemuan
Nahwu Jurmiyah
Standar Kompetensi : Bab Dorof Zaman Dan Dorof Makan
Kompetensi Dasar
Materi / pokok Pembelajaran
Indikator
Kegiatan pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/Bahan/Alat
1
2
3
4
5
6
7
Ø Menjelaskan dorof zaman dan dorof makan
o Dorof Zaman
o Dorof Makan
Ø Mampu menyebutkan dorof zaman dan dorof makan
Ø Santri menulis keterangan ustad
Ø Santri mendengarkan penjelasan bab maf’ul bih ustad
Tugas individual
Tes lisan dan tes tulis
2 jam pelajaran (2x 35 menit) 2x pertemuan
Nahwu Jurmiyah
Standar Kompetensi : Bab Hal
Kompetensi Dasar
Materi / pokok Pembelajaran
Indikator
Kegiatan pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/Bahan/Alat
1
2
3
4
5
6
7
Ø Menjelaskan pengertian Hal
o Hal
Ø Mampu menyebutkan pengertian hal
Ø Santri menulis keterangan ustad
Ø Santri mendengarkan penjelasan bab hal dari ustad
Tugas individual
Tes lisan dan tes tulis
2 jam pelajaran (2x 35 menit) 2x pertemuan
Nahwu Jurmiyah
Standar Kompetensi : Bab Tamyiz
Kompetensi Dasar
Materi / pokok Pembelajaran
Indikator
Kegiatan pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/Bahan/Alat
1
2
3
4
5
6
7
Ø Menjelaskan pengertian tamyiz
o Tamyiz
Ø Mampu menyebutkan pengertian Tamyiz
Ø Santri menulis keterangan ustad
Ø Santri mendengarkan penjelasan bab Tamyiz dari ustad
Tugas individual
Tes lisan dan tes tulis
2 jam pelajaran (2x 35 menit) 2x pertemuan
Nahwu Jurmiyah
Standar Kompetensi : Bab Istisna’
Kompetensi Dasar
Materi / pokok Pembelajaran
Indikator
Kegiatan pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/Bahan/Alat
1
2
3
4
5
6
7
Ø Menjelaskan pengertian Istisna’
o Istisna’
Ø Mampu menyebutkan pengertian Istisna’
Ø Santri menulis keterangan ustad
Ø Santri mendengarkan penjelasan bab Istisna’ dari ustad
Tugas individual
Tes lisan dan tes tulis
2 jam pelajaran (2x 35 menit) 2x pertemuan
Nahwu Jurmiyah
Standar Kompetensi : Bab La
Kompetensi Dasar
Materi / pokok Pembelajaran
Indikator
Kegiatan pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/Bahan/Alat
1
2
3
4
5
6
7
Ø Menjelaskan pengertian La
o La
Ø Mampu menyebutkan pengertian La
Ø Santri menulis keterangan ustad
Ø Santri mendengarkan penjelasan bab La dari ustad
Tugas individual
Tes lisan dan tes tulis
2 jam pelajaran (2x 35 menit) 2x pertemuan
Nahwu Jurmiyah
Standar Kompetensi : Bab Munada
Kompetensi Dasar
Materi / pokok Pembelajaran
Indikator
Kegiatan pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/Bahan/Alat
1
2
3
4
5
6
7
Ø Menjelaskan pengertian Munada
o Munada
Ø Mampu menyebutkan pengertian Munada
Ø Santri menulis keterangan ustad
Ø Santri mendengarkan penjelasan bab Munada dari ustad
Tugas individual
Tes lisan dan tes tulis
2 jam pelajaran (2x 35 menit) 2x pertemuan
Nahwu Jurmiyah
Mengetahui
syamsul huda

Leave a Reply

Terimakasih atas kunjungannya di:

saha-19.blogspot.com

Labels

Popular Posts