SILABUS NAHWU
Madin AN NUR FUADI Bangkalan
Kelas : IV
Semester :Ganjil
Standar Kompetensi : Bab Kalam
Kompetensi Dasar | Materi / pokok Pembelajaran | Indikator | Kegiatan pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/Bahan/Alat |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 |
Ø Mengenalkan kalam Ø Menjelaskan apa Itu kalam | o Bab kalam | Ø Mampu menyebutkan arti kalam | Ø Santri menulis keterangan ustad Ø Santri mendengarkan penjelasan bab kalam dari ustad | Tugas individual Tes lisan dan tes tulis | 2 jam pelajaran (2x 35 menit) 2x pertemuan | Nahwu Jurmiyah |
Standar Kompetensi : Bab Ahkamul Kalimah
Kompetensi Dasar | Materi / pokok Pembelajaran | Indikator | Kegiatan pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/Bahan/Alat |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 |
Ø Mengenalkan macam-macam kalimah Ø Menjelaskan kalimah fi’il isim dan huruf | o Ahkamul kalimah o Kalimah Fi’il o Kalimah Isim o Kalimah huruf | Ø Mampu menyebutkan macam-macam kalimah Ø Mampu menjelaskan macam-macam kalimah | Ø Santri menulis keterangan ustad Ø Santri mendengarkan penjelasan ahkamul kalimah dari ustad | Tugas individual Tes lisan dan tes tulis | 2 jam pelajaran (2x 35 menit) 2x pertemuan | Nahwu Jurmiyah |
Standar Kompetensi : Bab I’rob
Kompetensi Dasar | Materi / pokok Pembelajaran | Indikator | Kegiatan pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/Bahan/Alat |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 |
Ø Mengenalkan I’rob Ø Menjelaskan apa Itu I’rob | o Bab I’rob o Macam-macam i’rob | Ø Mampu mengartikan I’rob Ø Mampu menyebutkan macam-macam I’rob | Ø Santri menulis keterangan ustad Ø Santri mendengarkan penjelasan bab I’ro dari ustad | Tugas individual Tes lisan dan tes tulis | 2 jam pelajaran (2x 35 menit) 1x pertemuan | Nahwu Jurmiyah |
Standar Kompetensi : Bab Alamatul I’robi
Kompetensi Dasar | Materi / pokok Pembelajaran | Indikator | Kegiatan pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/Bahan/Alat |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 |
Ø Menjelaska tanda-tanda I’rob | o Alamat (Tanda-tanda) I’rob | Ø Mampu menyebutkan tanda masing-masing I’rob | Ø Santri menulis keterangan ustad Ø Santri mendengarkan penjelasan bab AlamatuI’robi dari ustad | Tugas individual Tes lisan dan tes tulis | 2 jam pelajaran (2x 35 menit) 3x pertemuan | Nahwu Jurmiyah |
Standar Kompetensi : Bab Mu’robat
Kompetensi Dasar | Materi / pokok Pembelajaran | Indikator | Kegiatan pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/Bahan/Alat |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 |
Ø Mejelasakan Mu’robat Ø Menjelaskan macam-macam Mu’robat | o Bab mu’robat o Macam-macam MU’robat | Ø Mampu menyebutkan macam-macam mu’robat | Ø Santri menulis keterangan ustad Ø Santri mendengarkan penjelasan bab mu’robat dari ustad | Tugas individual Tes lisan dan tes tulis | 2 jam pelajaran (2x 35 menit) 2x pertemuan | Nahwu Jurmiyah |
Standar Kompetensi : Babul Af'al
Kompetensi Dasar | Materi / pokok Pembelajaran | Indikator | Kegiatan pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/Bahan/Alat |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 |
Ø Menjelaskan macam-macam Fi’il dan pengertiannya | o Babul Af’al | Ø Mampu menyebutkan dan menjelaskan macam–macam fi’il | Ø Santri menulis keterangan ustad Ø Santri mendengarkan penjelasan bab Af’al dari ustad | Tugas individual Tes lisan dan tes tulis | 2 jam pelajaran (2x 35 menit) 1x pertemuan | Nahwu Jurmiyah |
Standar Kompetensi : Bab Marfu’atul Asma’i
Kompetensi Dasar | Materi / pokok Pembelajaran | Indikator | Kegiatan pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/Bahan/Alat |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 |
Ø Menjelaskan Isim-isim yang di baca rofa’ | o Marfu’atul Asma’i | Ø Mampu menyebutkan Isim-isim yang di baca rofa’ | Ø Santri menulis keterangan ustad Ø Santri mendengarkan penjelasan bab Marfu’atul Asma’ dari ustad | Tugas individual Tes lisan dan tes tulis | 2 jam pelajaran (2x 35 menit) 1x pertemuan | Nahwu Jurmiyah |
Standar Kompetensi : Bab Fail
Kompetensi Dasar | Materi / pokok Pembelajaran | Indikator | Kegiatan pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/Bahan/Alat |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 |
Ø Menjelaskan pengertian fa’il dan macam-macamnya | o Babul fa’il | Ø Mampu menyebutkan pengertian fa’il dan macam-macamnya | Ø Santri menulis keterangan ustad Ø Santri mendengarkan penjelasan bab Bab fa’il dari ustad | Tugas individual Tes lisan dan tes tulis | 2 jam pelajaran (2x 35 menit) 1x pertemuan | Nahwu Jurmiyah |
Standar Kompetensi : Bab Naibul Fail
Kompetensi Dasar | Materi / pokok Pembelajaran | Indikator | Kegiatan pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/Bahan/Alat |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 |
Ø Menjelaskan pengertian naibul fa’il | o Bab Naibul Fail | Ø Mampu Menyebutkan Pengertian Fa’il Dan Macam-Macamnya | Ø Santri menulis keterangan ustad Ø Santri mendengarkan penjelasan bab bab fa’il dari ustad | Tugas individual Tes lisan dan tes tulis | 2 jam pelajaran (2x 35 menit) 1x pertemuan | Nahwu Jurmiyah |
Standar Kompetensi : Bab Mubtada’ Wal Khobar
Kompetensi Dasar | Materi / pokok Pembelajaran | Indikator | Kegiatan pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/Bahan/Alat |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 |
Ø Menjelaskan pengertian Mubtada’wal khobar | o Bab Mubtada’ o Bab khobar | Ø Mampu menyebutkan pengertian mubtada’ Ø Mampu menyebutkan pengertian khobar | Ø Santri menulis keterangan ustad Ø Santri mendengarkan penjelasan bab Bab Mubtada’ dan kobar dari ustad | Tugas individual Tes lisan dan tes tulis | 2 jam pelajaran (2x 35 menit) 3x pertemuan | Nahwu Jurmiyah |
Standar Kompetensi : Bab Amil-amil yang masuk pada mubtada’ dan khobar
Kompetensi Dasar | Materi / pokok Pembelajaran | Indikator | Kegiatan pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/Bahan/Alat |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 |
Ø Menjelaskan amil apa saja yang masuk pada mubtada’ dan khobar | o Amil-amil yang masuk pada mubtada’ dan khoba r | Ø Mampu menyebutkan masing –masing amil yang masuk pada mubtada’ dan khobar | Ø Santri menulis keterangan ustad Ø Santri mendengarkan penjelasan bab Amil-amil yang masuk pada mubtada’ dan khobar dari ustad | Tugas individual Tes lisan dan tes tulis | 2 jam pelajaran (2x 35 menit) 3x pertemuan | Nahwu Jurmiyah |
Standar Kompetensi : Bab Na’at
Kompetensi Dasar | Materi / pokok Pembelajaran | Indikator | Kegiatan pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/Bahan/Alat |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 |
Ø Menjelaskan pengertian na’at | o Na’at | Ø Mampu menyabutkan pengerian na’at | Ø Santri menulis keterangan ustad Ø Santri mendengarkan penjelasan bab na’at dari ustad | Tugas individual Tes lisan dan tes tulis | 2 jam pelajaran (2x 35 menit) 2x pertemuan | Nahwu Jurmiyah |
Standar Kompetensi : Bab Atof
Kompetensi Dasar | Materi / pokok Pembelajaran | Indikator | Kegiatan pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/Bahan/Alat |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 |
Ø Menjelaskan pengertian Atof | o Atof | Ø Mampu menyebutkan pengerian atof | Ø Santri menulis keterangan ustad Ø Santri mendengarkan penjelasan bab atof dari ustad | Tugas individual Tes lisan dan tes tulis | 2 jam pelajaran (2x 35 menit) 2x pertemuan | Nahwu Jurmiyah |
Standar Kompetensi : Bab Taukid
Kompetensi Dasar | Materi / pokok Pembelajaran | Indikator | Kegiatan pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/Bahan/Alat |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 |
Ø Menjelaskan pengertian taukid | o Taukid | Ø Maertian menyebutkan pengerian tukid | Ø Santri menulis keterangan ustad Ø Santri mendengarkan penjelasan bab taukid dari ustad | Tugas individual Tes lisan dan tes tulis | 2 jam pelajaran (2x 35 menit) 2x pertemuan | Nahwu Jurmiyah |
Standar Kompetensi : Bab Badal
Kompetensi Dasar | Materi / pokok Pembelajaran | Indikator | Kegiatan pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/Bahan/Alat |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 |
Ø Menjelaskan pengertian badal | o Badal | Ø Mampu menyebutkan pengerian badal | Ø Santri menulis keterangan ustad Ø Santri mendengarkan penjelasan bab badal dari ustad | Tugas individual Tes lisan dan tes tulis | 2 jam pelajaran (2x 35 menit) 2x pertemuan | Nahwu Jurmiyah |
Standar Kompetensi : Bab Mansubatul Asma
Kompetensi Dasar | Materi / pokok Pembelajaran | Indikator | Kegiatan pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/Bahan/Alat |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 |
Ø Menjelaskan isim-isim yang di baca nasob | o Isim-isim yang di baca nasob | Ø Mampu menyebutkan isim-isim yang di baca nasob | Ø Santri menulis keterangan ustad Ø Santri mendengarkan penjelasan bab Isim-isim yang di baca nasob dari ustad | Tugas individual Tes lisan dan tes tulis | 2 jam pelajaran (2x 35 menit) 2x pertemuan | Nahwu Jurmiyah |
Standar Kompetensi : Bab Maf’ul Bih
Kompetensi Dasar | Materi / pokok Pembelajaran | Indikator | Kegiatan pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/Bahan/Alat |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 |
Ø Menjelaskan pengertian maf’ul bih | o Maf’ul bih | Ø Mampu menyebutkan pengertian maf’ul bih | Ø Santri menulis keterangan ustad Ø Santri mendengarkan penjelasan bab maf’ul bih ustad | Tugas individual Tes lisan dan tes tulis | 2 jam pelajaran (2x 35 menit) 2x pertemuan | Nahwu Jurmiyah |
Standar Kompetensi : Bab Masdar
Kompetensi Dasar | Materi / pokok Pembelajaran | Indikator | Kegiatan pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/Bahan/Alat |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 |
Ø Menjelaskan pengertian masdar | o Masdar | Ø Mampu menyebutkan pengertian masdar | Ø Santri menulis keterangan ustad Ø Santri mendengarkan penjelasan bab masdar dari ustad | Tugas individual Tes lisan dan tes tulis | 2 jam pelajaran (2x 35 menit) 2x pertemuan | Nahwu Jurmiyah |
Standar Kompetensi : Bab Dorof Zaman Dan Dorof Makan
Kompetensi Dasar | Materi / pokok Pembelajaran | Indikator | Kegiatan pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/Bahan/Alat |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 |
Ø Menjelaskan dorof zaman dan dorof makan | o Dorof Zaman o Dorof Makan | Ø Mampu menyebutkan dorof zaman dan dorof makan | Ø Santri menulis keterangan ustad Ø Santri mendengarkan penjelasan bab maf’ul bih ustad | Tugas individual Tes lisan dan tes tulis | 2 jam pelajaran (2x 35 menit) 2x pertemuan | Nahwu Jurmiyah |
Standar Kompetensi : Bab Hal
Kompetensi Dasar | Materi / pokok Pembelajaran | Indikator | Kegiatan pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/Bahan/Alat |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 |
Ø Menjelaskan pengertian Hal | o Hal | Ø Mampu menyebutkan pengertian hal | Ø Santri menulis keterangan ustad Ø Santri mendengarkan penjelasan bab hal dari ustad | Tugas individual Tes lisan dan tes tulis | 2 jam pelajaran (2x 35 menit) 2x pertemuan | Nahwu Jurmiyah |
Standar Kompetensi : Bab Tamyiz
Kompetensi Dasar | Materi / pokok Pembelajaran | Indikator | Kegiatan pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/Bahan/Alat |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 |
Ø Menjelaskan pengertian tamyiz | o Tamyiz | Ø Mampu menyebutkan pengertian Tamyiz | Ø Santri menulis keterangan ustad Ø Santri mendengarkan penjelasan bab Tamyiz dari ustad | Tugas individual Tes lisan dan tes tulis | 2 jam pelajaran (2x 35 menit) 2x pertemuan | Nahwu Jurmiyah |
Standar Kompetensi : Bab Istisna’
Kompetensi Dasar | Materi / pokok Pembelajaran | Indikator | Kegiatan pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/Bahan/Alat |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 |
Ø Menjelaskan pengertian Istisna’ | o Istisna’ | Ø Mampu menyebutkan pengertian Istisna’ | Ø Santri menulis keterangan ustad Ø Santri mendengarkan penjelasan bab Istisna’ dari ustad | Tugas individual Tes lisan dan tes tulis | 2 jam pelajaran (2x 35 menit) 2x pertemuan | Nahwu Jurmiyah |
Standar Kompetensi : Bab La
Kompetensi Dasar | Materi / pokok Pembelajaran | Indikator | Kegiatan pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/Bahan/Alat |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 |
Ø Menjelaskan pengertian La | o La | Ø Mampu menyebutkan pengertian La | Ø Santri menulis keterangan ustad Ø Santri mendengarkan penjelasan bab La dari ustad | Tugas individual Tes lisan dan tes tulis | 2 jam pelajaran (2x 35 menit) 2x pertemuan | Nahwu Jurmiyah |
Standar Kompetensi : Bab Munada
Kompetensi Dasar | Materi / pokok Pembelajaran | Indikator | Kegiatan pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/Bahan/Alat |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 |
Ø Menjelaskan pengertian Munada | o Munada | Ø Mampu menyebutkan pengertian Munada | Ø Santri menulis keterangan ustad Ø Santri mendengarkan penjelasan bab Munada dari ustad | Tugas individual Tes lisan dan tes tulis | 2 jam pelajaran (2x 35 menit) 2x pertemuan | Nahwu Jurmiyah |
Mengetahui
syamsul huda
إرسال تعليق
Terimakasih atas kunjungannya di:
saha-19.blogspot.com