LEMBAR PENGESAHAN

LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI
CLINIC.NET
KAMAL








Oleh :


SYAMSUL HUDA 22








Menyetujui,






KEPALA SEKOLAH GURU PEMBIMBING
BAMBANG WIDJAJANTO.ST BETANTYO W.H

LEMBAR PENGESAHAN
LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI
CLINIC.NET
KAMAL








Oleh :

SYAMSUL HUDA 21

Menyetujui,

PIMPINAN
CLINIC.NET
KAMAL

Moh.Ibrahim Ghani
55566666










Assalamualaikum Wr.Wb
Alhamdulillah…! Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, karena atas campur tangan-Nya sehingga penyusunan laporan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) ini dapat terselesaikan dengan baik. Dan laporan ini sebagai bukti untuk memenuhi bahwa penulis telah melaksanakan Praktek Kerja industri (PRAKERIN) dengan baik.
Penyusunan laporan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) ini adalah salah satu syarat untuk mengikuti Ujian Akhir Sekolah (UAS) dan Ujian Akhir Nasional (UAN) dan laporan ini sebagai bukti bahwa penulis telah melaksanakan dan menyelesaikan Praktek Kerja Industri di CV. Dunia Komputer.
Dengan ini penulis bertima kasih kepada kepala instansi yang selama kurang lebih 2 bulan ini telah memberikan kesempatan untuk melaksanakan praktek kerja industri (PRAKERIN).
Laporan ini dapat terbuat dan diselesaikan dengan adanya bantuan dari pihak pembimbing dari pihak sekolah maupun pihak instansi, oleh karena itu penulis mengucapkan terima kasih kepada: kedua orang tua saya, Kepala SMK Darul Mustofa Bpk.Bambang Widjajanto .ST. dan guru pembimbing Bpk.Betantyo W.H
Akhir dari kesempatan ini penulis menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang turut membantu dalam upaya penyelesaian laporan ini. Penulis juga mengharapkan saran dan kritik demi perbaikan dan penyempurnaan laporan ini tersebut. Dan semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi pihak yang membutuhkan dan bermanfaat bagi semua pembaca. Amiin.
Wassalamualaikum Wr. Wb.
Bangkalan, Januari 2010
Penyusun
syamsul huda
DAFTAR ISI

LEMBAR PENGESAHAN JURUSAN ………………………. ii
LEMBAR PENGESAHAN INSTANSI ………………………..iii
KATA PENGANTAR ………………….. ………………………iv
DAFTAR ISI . …………………………………………………… vi
BAB I PENDAHULUAN ……………. ………………………..1
1.1 Latar Belakang ………………………………………1
1.2 Tujuan …………………………………………………… 1
1.3 Rumusan Masalah ……………………………………. 2
1.4 Metodologi . …………………………………………… 2
1.5 Sistematika Penulisn .. ………………………………3
BAB II PROFIL PERUSAHAAN …………………………….5
BAB II PROFIL PERUSAHAAN
2.1. Sejarah Singkat Perusahaan…………………………..7
2.2 Struktur Organisasi Perusahaan……………………7.
2.3 Bidang usaha………………………………………………8
BAB III KAJIAN PUSTAKA
3.1 Instalasi Windows Xp………………………………….9
BAB IV AKTIFITAS PELAKSANAAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI……………….20
4.1 Uraian Kegiatan …………………………………….23
4.2 Struktur Organisasi …………………………………24
4.3 Bidang Usaha …………………………………………27
BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN…………………..41
5.1 Kesimpulan …………………………………………..41
5.2 Saran ………………………………………………….44
5.3 Daftar Pustaka ……………………………………..45
DAFTAR PUSTAKA ……………………………………….57
LAMPIRAN ………………………………………………….58
DAFTAR GAMBAR………………………………………. 103


Praktek Kerja Indutri (PRAKERIN) adalah suatu bentuk penyelenggaraan dari sekolah yang memadukan secara sistematik dan sinkron antara program pendidikan di sekolah dan program pengusahaan yang diperoleh melalui kegiatan bekerja langsung di dunia kerja untuk mencapai suatu tingkat keahlian profesional. Dimana keahlian profesional tersebut hanya dapat dibentuk melalui tiga unsur utama yaitu ilmu pengetahuan, teknik dan kiat. Ilmu pengetahuan dan teknik dapat dipelajari dan dikuasai kapan dan dimana saja kita berada, sedangkan kiat tidak dapat diajarkan tetapi dapat dikuasai melalui proses mengerjakan langsung pekerjaan pada bidang profesi itu sendiri. Pendidikan Sistem Ganda dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang profesional dibidangnya. Melalui Pendidikan Sistem Ganda diharapkan dapat menciptakan tenaga kerja yang profesional tersebut. Dimana para siswa yang melaksanakan Pendidikan tersebut diharapkan dapat menerapkan ilmu yang didapat dan sekaligus mempelajari dunia industri. Tanpa diadakannya Pendidikan Sistem Ganda ini kita tidak dapat langsung terjun ke dunia industri karena kita belum mengetahui situasi dan kondisi lingkungan kerja.
1.2 Tujuan
Tujuan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) adalah sebagai berikut :
1. Diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan yang berharga, dan memperoleh masukan serta umpan balik guna memperbaiki dan mengembangkan kesesuaian pendidikan dan kenyataan yang ada di lapangan.
2. Meningkatkan pengetahuan siswa pada aspek-aspek usaha ayng professional dalam lapangan kerja antara lain struktur organisasi, jenjang karir dan teknik.
3. Untuk mencapai Visi dan Misi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Darul Mustofa
4. Mengimplotasikan antara pendidikan disekolah dan diluar sekolah.
1.3 Manfaat
Adapun manfaat dari Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) manfaatnya adalah sebagai berikut :
Dapat mengenali suatu pekerjaan industri dilapangan sehingga setelah selesai dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Sentani dan terjun kelapangan kerja industri dapat memandang suatu pekerjaan yang tidak asing lagi baginya.
Dapat menambah keterampilan dan wawasan dalam dunia usaha yang professional dan handal.
Untuk mengasa keterampilan yang telah diberikan disekolah dan juga sesuai dengan Visi dan Misi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Darul Mustofa
1.4 Lokasi, Waktu, dan Tempat Kerja

Adapun kegiatan ptakerin ini dilaksanakan pada tanggal 25 maret s/d 25 mei 2010 yang bertempat di warnet CLINIC.NET Jl trunojoyo 43 kamal, yang mana setap hari kami membuka warnet / mulai magang pada jam 15.00 Wib sampai Guest (Orang yang ngenet) pulang semua kira-kira sekitar jam 23.00 s/d jam 02.00.






































2.1. Sejarah Singkat Perusahaan
Clinic.net adalah sebuah usaha yang bergerak di bidang komputer yang meliputi WARNET(Warung Internet).print wrnamaupun hitam,pengetikan, scan.cetak foto,back up,dll. Clinic.net berdiri sejak bulan November 2008 yang beralamat di jl.trunojoyo no.47.kamal,bangkalan telp.(031)3011193 Clinic.net merupakan cabang dari Clinic.com yang juga bergerak di bidang yang sama yang beralamat di perum,telang indah persada 69 1 blok c/8,telang,kamal.
Pada awalnya Clinic.net akan di buka di daerah telang yang nutabene merupakan lingkungan mahasiswa yang di situ berdiri sebuah universitas negri yaitu universitas trunojoyo,tetapi melihat faktor-faktoryang sangat elementer di daerah mahasiswa seperti pada saat hari sabtu dan minggu yang kebanyakan mahasiswa pulang dan pada saat hari libur saemester yang mencapai 2 bulan membuat pemikiran untuk mendirikan di daerah telang tidak terlaksana.
Memilah dari faktor-faktor di atas pemilik dari Clinic.net berupaya mencapai tempat yang tidak tergantung kepada ada tidaknya mahasiswa serta efektifitas dan continuitas usaha tetap terjaga.akhirnya pemilik Clinic.net menetapkan di daerah perumnas kamal untuk di jadikan tempat usaha karna di daerah tersebut warganya membutuhkan akses internet meliputi para pelajar,dan masyarakat umum yang merupakan target pasar dari Clinic.net dan sampai sekarang Clinic.net tetap beroprasi dan menjalankan usahanya di tempat tersebut.


3.1 INSTALASI WINDOWS XP
Spesifikasi minimum hardware yang dibutuhkan:
  • Prosesor Pentium 1.5 Ghz/AMD yang setara
  • CDROM/DVDROM drive
  • RAM 128 MB
  1. Sebelumnya kamu membutuhkan CD master Windows XP terlebih dahulu kemudian masukan di CDROM/DVDROM kamu. Lalu restart komputer kamu, kemudian nampak tampilan seperti gambar lalu tekan tombol Delete pada keybord agar kamu dapat masuk di BIOS(Basic Input Output System) komputer. Pada beberapa jenis Mainboard harus menekan tombol F2 pada keyboard. Kamu dapat melihatnya pada perintah Press DEL to run Setup.
  2. Lalu kamu akan berada dalam BIOS kemudian pilih Boot pada menu dan pilih item Boot Device Priority seperti pada gambar.
  3. Setelah itu Kamu merubah [CDROM] pada posisi 1st Boot Device untuk boot melalui CDROM dengan menggunakan tombol +- di keyboard.Lalu tekan F10 untuk menyimpan konfigurasi kamu.
  4. Restart komputer tunggu hingga muncul tulisan seperti pada gambar lalu tekan sembarang tombol dengan cepat.
  5. Setelah pada tampilan berikut tekan Enter untuk lanjut pada proses instal atau R untuk melakukan reparasi Windows di Recovery Consule atau F3 untuk mengakhiri proses instal.
  6. Lanjut pada Lisencing Agreement tekan F8 untuk lanjut dan ESC untuk batalkan proses.
  7. Pada gambar posisi partisi belum terisi oleh sistem windows.Tekan C untuk membuat partisi baru pada harddisk dan Enter untuk menginstal.
  8. Lalu masukan berapa besar kapasitas partisi yang ingin kamu buat dalam satuan megabytes(MB) dan tekan Enter untuk membuat partisinya seperti terlihat pada gambar.
  9. Kemudian tekan Enter untuk melakukan proses instal atau Delete untuk menghapus partisi.
  10. Dan pilih NTFS file system (Quick) atau FAT file system (Quick) lalu tekan Enter.
  11. Bila proses instalasi langkah 1 → 10 benar maka akan tampil seperti gambar.
  12. Setelah itu kamu sampai pada layar berikut Click Next.
  13. Lalu isikan dengan Nama dan Organisasi Kamu kemudian tekan Next.
  14. Disini Kamu akan mengisikan Produk Key atau Serial Number dari type windows Kamu tekan Next lagi.
  15. Isikan nama komputer dan password untuk mengaksesnya lalu tekan Next.
  16. Set Time Zone pada posisi (GMT+80:00) klik Next.
  17. Typical settings: Pada option ini settingan jaringan akan dibuat default windows dan Custom settings: Untuk mensetting jaringan kamu secara manual lalu klik Next.
  18. Bila Kamu terhubung kejaringan local dengan domain pilih option Yes, lalu isi dengan nama DOMAIN yang sama dengan DOMAIN jaringan Kamu dan sebaliknya jika tidak terhubung kejaringan atau terhubung tapi tanpa DOMAIN pilih option No, sekali lagi tekan Next.
  19. Selanjutnya Kamutinggal mengklik Ok,Next,Skip dan Finish juga diminta mengisikan nama kamu. hingga Kamu berada pada tampilan Dekstop Windows seperti ini. Sekarang Kamu tinggal menginstal driver hardware CPU Kamu.



3.1 Uraian Kegiatan

Setiap hari membuka dan menyalakan Komputer serta Koneksi internet dan billing yang akan digunakan Untuk Menghitung Total Biaya Setiap pelanggan yang Ingin mengakses Internet di warnet Clinic. Memperbaiki dan melayani permintaan dan keluhan setiap Pelanggan Yang Mengakses internet di warnet Clinic. Belajar Membuat Blog, Edit Foto dan Scanner sesuai bimbingan Admin. Mempelajari jaringan dan Koneksi Internet yang ada di warnet Clinic.

3.2 Hasil Pengamatan

Mengamati setiap problem dan permasalahan yang dikeluhkan user saat mengakses internet. Mempelajari dan menghafal setiap permasalahan dan mencoba menyelesaikan permasalahan bersama Teman 1 kelompok. Agar pada saat permasalahan dan Trouble itu ada dan user mengeluhkan maka kita bisa menaggulangi dengan baik. Sehingga memuaskan user dalam mengakses internet.

3.3 Pemecahan Masalah

Adapun masalah-masalah yang sering kali saya temukan di warnet antara lain:
  1. Koneksi Kable LAN Yang Mati karena Koneksi Antara Kable dan Modem Internet Tidak Terpasang Dengan Baik.
  2. Server Admin yang sering macet sehingga koneksi internet terganggu. Dan harus me restart untuk memulihkannya kembali.
  3. Kipas Processor yang tidak berjalan normal, sering membuat kinerja computer tidak optimal dan sering shut down sendiri.
Dari permasalahan diatas kami bisa meyimpulkan bahwa dari permasalahan no 1. Alangkah baiknya sebelum kita menyalakan computer client dan admin serta membuka koneksi internet memerikasa Kabel LAN yang terkoneksi antar Computer client dan Modem internet. Dari permasalahan no 2, Komputer admin terlalu rawan dengan virus. Sehingga penyerangan terhadap virus sangat mengganggu kinerja Komputer admin. Dan harus melakukan restart untuk menetralisir kembali. Karena Komputer admin tidak dilengkapi dengan anti virus melainkan hanya deep freezer. Dan untuk permasalahan No 3. Solusi yang terbaik adalaha mengganti kipas prosesor agar proses dan kinerja computer bisa normal da n tidak mengganggu client untuk mengakses internet.




4.1 Kesimpulan
Kesimpulan yang diperoleh penulis dari hasil laporan Kerja Praktek (KP) antara lain :
  1. Komunikasi dapat terjalin dengan baik antar bagian organisasi di PT. Perkebunan Nusantara III(Persero) Medan karena adanya sistem jaringan komputer.
  2. Jaringan komputer dapat tercipta karena adanya perangkat-perangkat jaringan (berupa : kartu jaringan, hub, kabel jaringan dan konektor, router, repeater, gateway, modem eksternal), protokol jaringan, IP Address, SubnetMask, dan DNS.
  3. Jaringan komputer yang digunakan di PT. Perkebunan Nusantar III (Persero) medan adalah jaringan LAN yang bertopologi star dan berbasis client/server.
    1. 4. Dalam Jaringan LAN PTPN III menggunakan 1 (satu) unit server dengan sistem operasi linux dan client menggunakan sistem operasi windows XP.
    2. Jaringan yang berbasis client/server artinya server dapat mengakses client, tetapi client tidak dapat mengakses server. Itu terjadi karena adanya security yang membatasi hak akses setiap client.





4.2 Saran
Penulis menyadari keterbatasan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki, namun walaupun demikian akan mencoba memberi saran yang mungkin akan dapat membangun. Adapun saran tersebut antara lain :
  1. Dengan adanya program kerja praktek ini diharapkan terjadi hubungan kerja sama yang baik antara pihak SMK Negeri 9 Medan dengan perusahaan atau instansi tempat pelaksanaan kerja praktek (PTPN III (Persero).
  2. Dalam penerimaan dan penempatan para siswa yang melaksanakan Kerja Praktek, hendaknya mempertimbangkan bidang yang sesuai dengan jurusan siswa, sehingga siswa dapat mengembangkan ilmu yang dimiliki juga dapat menambah pengetahuan.
  3. Bagi pegawai, dapatmemperkenalkan program aplikasi apa saja yang digunakan pada perusahaan, agar siswa yang melaksanakan Kerja Praktek dapat memahaminya.

4.3 Daftar Pustaka
[1] Yu’awaliyah, Siti. Merakit Computer PC intel Core 2. http://www.scribd.com/doc/13968252/Contoh-Laporan-Prakerin-PSG-SMK-TKJ Cirebon.30 April 2009
[2] http://www.docstoc.com/docs/17726859/Laporan-PKL-TKJ-SMK-TI Di akses pada tanggal 17 mei 2010.
[3] Fachrurozi, Ridho. Pendidikan System Ganda/ Praktek Kerja Industri (PRAKERIN).Pada Dunia Usaha/Dunia Indistri. http://www.docstoc.com/docs/13129201/Contoh-Laporan-Kerja-Di-industri Bekasi. 21 Agustus 2009.
[4] http://syam-huda.blogspot.com 

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya di:

saha-19.blogspot.com

Lebih baru Lebih lama